Senin, 28 Juli 2008

One Day Training 'Implementasi 5 R'

CES ‘Citra Emas’, School of Management and Public Relations kembali menyelenggarakan program pelatihan sehari one day training “Implementasi 5Ryang diselenggarakan pada hari sabtu, tanggal 19 juli 2008 dari jam 08.00 – 15.00 WIB bertempat di kampus CES ”Citra Emas’, Plaza Cakra Kembang Lt. 2, Jl. Kaliurang Km. 5,5 No. 44 Yogyakarta.

Istilah 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) ini diadopsi dari budaya kerja Jepang , yaitu terdiri dari kata Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Ringkas berarti mengatur segala sesuatu, memilah sesuai aturan/ prinsip tertentu, Rapi berarti menyimpan barang di tempat yang tepat, Resik berarti membersihkan barang-barang sehingga menjadi bersih (membuang sampah, kotoran, dan benda asing), Rawat yang berarti secara terus-menerus dan berulang-ulang memelihara secara ringkas, rapi, resik baik secara pribadi maupun lingkungan, dan Rajin berarti melatih kemampuan untuk melakukan apa yang ingin dilakukan meski sulit (pembiasaan).

Secara ringkas dapat diuraikan Implementasi 5R adalah upaya penerapan budaya kerja sesuai standar di sebuah perusahaan yang menekankan pada dimensi mutu. Budaya kerja 5R merupakan landasan bagi tercapainya Total Quality Management (TQM).Dengan menerapkan budaya kerja 5R akan meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja para karyawan. Contoh dari penerapan perilaku budaya 5R adalah: ’mengambil barang tidak boleh lebih dari 30 detik’, memastikan perlengkapan kerja sehari-hari dalam kondisi prima, bersih, dan siap pakai. Membuang barang yang sudah tidak terpakai.
Dibagian akhir pelatihan, seti
ap peserta akan diberikan motivasi untuk dapat melaksanaan budaya 5R secara konsisten dengan mengubah kebiasaan menjadi pembiasaan.
Apabila perusahaan telah mengimplementasikan budaya 5R kepada seluruh karyawannya maka akan diperoleh tempat kerja dan lingkungan kerja yang bersih dan tertata. Karyawan mempunyai sikap serius terhadap pekerjaan, tertib dan disiplin, habit bekerja sesuai standar, bekerja lebih produktif dan budaya kerja sesuai 5R.

Pelatihan ’implementasi 5R’ dipandu oleh Ir. Herawati Widodo, M.M. (Praktisi manajemen dan Public Relations). Pelatihan akan dikemas dengan sangat menarik, diselingi dengan ice breaking, interactive games, dan role play.
Pelatihan didikuti oleh berbagai instansi, yaitu: RS Mata Dr ‘Yap’ Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, SMK Karya Rini, RS Panti Rapih Yogyakarta dan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Tidak ada komentar: