Rabu, 26 Maret 2008

Pelatihan Media Relations

CES ‘Citra Emas’, School of Management and Public Relations kembali mengadakan pelatihan “Media Relations yang dikemas dalam pelatihan sehari (one day training). Pelatihan diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 12 Maret 2008 dari jam 08.00 – 15.00 WIB bertempat di Kampus CES ‘Citra Emas’, Plaza Cakra Kembang Lt.2, Jl. Kaliurang Km.5,5 No.44 Yogyakarta.

Pelatihan Media Relations tersebut bertujuan untuk mendekatkan institusi dengan media. Menghadirkan pembicara DR Widodo Mukti, SE, M.Comm (Pakar Komunikasi & PR, Direktur CES Citra Emas), dan Drs. Sihono (Redaktur KR/Koran Merapi )

DR Widodo Mukti menyampaikan materi “The Power of Public Relations”. Dalam kesempatan tersebut membahas peran dan fungsi Public Relations dalam membangun image atau ‘Citra’ baik bagi individu maupun institusi. Pada prakteknya setiap institusi tidak lepas dari pengolahan ‘image’ atau Citra. Pengelolaan Image yang baik akan membuahkan hasil yang ‘luar biasa’. Wujud keberhasilan pengelolaan ‘image’ dalam kegiatan PR adalah terciptanya opini publik yang menguntungkan semua pihak, memperoleh good will dan kepercayaan dari masyarakat luas (public).

Mengapa setiap institusi membutuhkan PR? Dijelaskan oleh Dr Widodo bahwa hal itu karena bebearapa hal, antara lain : tuntutan konsumen/pengguna jasa makin kritis & excellence service orientation; setiap intitusi perlu mengedepankan efisiensi tranpsaransi & akuntabilitas; re-orientasi mind set secara berkesinambungan agar punya daya saing lebih tinggi, makin peka terhadap derap laju teknologi komunikasi, setiap institusi rentan terhadap krisis citra.

Drs. Sihono menyampaikan materi “How to Handling Media”. Sebagai seorang prakltisi media, lebih banyak berbagi cerita tentang pengalamannya sebagai seorang wartawan dan berhubungan dengan berbagai institusi. Sebagai media komunikasi massa, press/media dinilai memiliki kekuatan untuk: Membentuk dan mempengaruhi opini publik, menimbulkan citra pihak-pihak yang diberikan, dan dapat menggerakkan khalayak sesuai yang diskenariokan. Dalam kesempatan tersebut DR Widodo Mukti akan mengupas pentingnya Institusi untuk menjalin hubungan baik dengan media. Karena melalui media Institusi dapat dikenal oleh masyarakat luas. Media juga mampu digunakan untuk meningkatkan ‘branding’ atau citra positif bagi individu dan lembaga. Drs. Sihoino juga menyampaikan kiat-kiat berhubungan dengan media dan bentuk-bentuk kegiatan perusahaan yang melibatkan media.

Pelatihan ditutup dengan workshop Writing Skill yang dipandu oleh Drs. Sihono sebagai praktisi media yang menerangkan seputar proses terjadinya berita dari mengolah bahan mentah (data) menjadi informasi (berita). Dikupas juga tentang aturan dasar pembuatan release media yang langsung dipraktekkan oleh para peserta pelatihan. “Ternyata membuat release itu mudah,” kata salah seorang peserta. Selanjutnya Drs. Sihono juga memberi tips dan trik bagaimana membuat release yang baik dan menarik untuk kegiatan publikasi Instansi/perusahaan.

Pelatihan Media Relations kali ini diikuti oleh beberapa instansi pemerintahan maupun swasta, yaitu: Infokom Setda Kabupaten Magelang, Dinas Kesehatan Magelang, SMA Muhammadiyah 1 Magelang, BPK RSU Tidar Magelang, SMA Muhammadiyah Yogyakarta, Fakultas Kedokteran Gigi UGM, dan PKPU Yogyakarta.



Pelatihan Customer Service

Kualitas layanan suatu perusahaan/lembaga, atau biasa disebut customer service, merupakan hal yang sangat esensial dalam membentuk image suatu perusahaan. Image inilah yang sebenarnya mampu memenangkan hati konsumen. Namun dalam implementasinya, sering image tersebut tidak mampu diwujudkan secara nyata oleh para karyawan yang berada di jajaran frontliner. Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan (skill), pengetahuan dan wawasan karyawan dalam hal pelayanan.

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan peningkatan mutu pelayanan, CES “Citra Emas” School of Management & Public Relations kembali menyelenggarakan pelatihan Customer Service pada hari Sabtu, 16 Pebruari 2008, bertempat di Kampus CES ‘Citra Emas’ Plaza Cakra Kembang Lt.2, Jl. Kaliurang Km. 5,5 No.44 Yogyakarta. Pelatihan yang dikemas dengan format ‘one day training’ yang berlangsung mulai pukul 08.00 – 14.30 WIB.

Pelatihan yang bertajuk ‘Selling more through excellence service’ ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan dan pengetahuan para karyawan yang bertugas di bagian frontliner dalam hal pelayanan kepada konsumen/pelanggan. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, petugas frontliner dapat lebih meningkatkan penghargaan terhadap para konsumennya dengan memberikan pelayanan yang prima (excellence), bukan sekadar servis.

Pelatihan kali ini diikuti berbagai instansi pemerintahan maupun swasta, antara lain: Penerbit dan percetakan Kanisius, PDAM Magelang, PKPU Yogyakarta, BPR Bank Pasar Gunung Kidul, Perpustakaan Daerah Kulon Progo, dan Jogja MediaNet (PT.SIMS). Pelatihan juga peserta perorangan (mahasiswa).

Pelatihan dipandu oleh para praktisi Customer Service & PR berpengalaman. Mereka akan mengupas tuntas berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pelayanan yang profesional, disertai trik dan tips-tips untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal-hal yang akan dibahas antara lain: bagaimana meningkatkan semangat & gairah kerja karyawan agar selalu terlihat antusias dalam melayani konsumen, cekatan, ramah, dan cepat tanggap. Membangun karakter pribadi yang ‘bangga melayani’. Meningkatkan profesionalitas dalam bekerja: semua konsumen terlayani dengan baik tanpa komplain (zero complaint). Pada akhirnya, peserta pelatihan diharapkan dapat menularkan dan meng-implementasikan budaya pelayanan profesional di lingkungan kerjanya masing-masing.

Seperti biasa, CES Citra Emas mengemas pelatihan dengan metode penyajian yang menarik, interaktif, dan atraktif. Dengan metode pelatihan yang ‘easy learning’ ini para peserta dengan mudah memahami materi, merasa senang, antusias, dan tidak merasa bosan selama pelatihan.

Pelatihan berlangsung sukses. Para peserta merasa senang dan menikmati setiap materi yang diberikan para trainer. Dengan diselingi ‘ice breaking’, menambah suasana pelatihan makin hidup.