Kamis, 13 Juni 2013

MEMBANGUN CITRA DIRI POSITIF



Citra diri positif terbangun dengan adanya penghargaaan diri. Penghargaan diri adalah bagaimana Anda melihat diri Anda sebagai pribadi. Jika Anda menghargai diri Anda, maka Anda akan memiliki rasa yang baik pada diri dan bangga menjadi Anda dan memberi nilai positif pada diri. Anda menghargai keterampilan dan bakat, menghormati kecerdasan Anda sendiri dan bertindak atas keyakinan dan perasaan Anda. Tetapi jika Anda bisa merasa lebih baik tentang diri Anda, tips ini mungkin memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana untuk memulai.

Mendengarkan Diri
Sendiri Berbicara
Kita semua melakukan dialog mental yang stabil. Apakah Anda pernah mendengarkan apa yang Anda katakan kepada diri sendiri? Apakah Anda menempatkan diri menyebut nama Anda Sendiri? Belajarlah untuk mendengar apa yang Anda katakan tentang diri Anda, kemudian ganti dengan gambar dialog yang positif. Berhentilah berbicara negatif atas diri  dan mengambil langkah pertama menuju citra diri yang lebih positif.

Kenali Prestasi
Buatlah daftar prestasi Anda, tidak peduli seberapa kecil mereka mungkin tampak bagi Anda. Mungkin Anda tidak akan memenangkan Hadiah Nobel, namun prestasi Anda telah layak untuk Anda. Dengan mengenali mereka, Anda dapat mulai memahami bahwa Anda penting dan bahwa Anda memiliki harga diri.

Jadilah Tegas
Belajarlah untuk bersikap tegas dan mempraktekkan komunikasi yang jelas. Katakan apa yang Anda maksud dan menghormati apa yang dikatakan orang lain. Ingat bahwa Anda memiliki hak juga.

 Jadilah Toleran
Jadilah toleran terhadap diri sendiri dan orang lain. Tidak ada yang sempurna! Cobalah untuk tidak mengkritik diri sendiri atau orang lain dan tidak mengharapkan orang lain untuk mengkritik Anda. Mengakui bahwa kesalahan hanya kesalahan dan tidak memikirkan hal itu.

Mengenal Teman yang Baik
Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang menghargai Anda. Dengarkan apa yang mereka katakan tentang Anda. Jika orang lain terus-menerus menempatkan Anda ke bawah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Bisa jadi rang-orang yang berada di sekitar Anda adalah cermin tentang diri Anda.

#repost _Dikutip dengan terjemahan dari  www.cmcsb.com

Tidak ada komentar: