Rabu, 04 September 2013

KOMUNIKASI EFEKTIF



Melanjutkan kembali sharing mengenai resensi buku. Kali ini kami akan sedikit berbagi tentang tema  KOMUNIKASI EFEKTIF seperti yg dibahas dalam buku Sukses Berkomunikasi dengan Manajemen Citra, oleh Bapak @widodomuktiyo.
Sadar atau tidak aktivitas komunikasi yang kita lakukan, berlangsung sejak kita terjaga sampai kembai tertidur. Pada awalnya saat bangun tidur tentunya kita telah berkomunikasi dengan diri sendiri. Apa yang akan segera kita lakukan? Apa yang akan kita pakai hari ini? Seperti itulah komunikasi yang terjadi dalam diri kita. Hal tersebut membuktikan bahwa mempelajari komunikasi sebetulnya tidak hanya mmbicarakan kata-kata, tetapi hal-hal yang menyangkut apa yg kita kirimkan dan pesankan.
Sebagai proses untuk membuat sebuah komunikasi yg efektif yang perlu dilakukan adalah meminimalkan hambatan. Pertama, si pengirim pesan harus benar-benar merumuskan apa yg ingin dia sampaikan. Jadi pada saat menyampaikan sesuatu dia harus memahami pesan yg ingin disampaikan sebenarnya apa. Kedua, tunjukkan pentingnya isi pesan tersebut bagi si pendengar. Jika kita berkomunikasi tunjukkan bahwa ini penting unuk didengar oleh audiens kita. Bukan penting untuk saya sampaikan, tetapi penting untuk didengar. Lakukan seolah-olah ini adalah untuk kepentingan pendengar bukan sepenuhnya kepentingan diri.
Ketiga, kode yang digunakan harus dipahami oleh kedua belah pihak. Jangan kita tambahkan kode-kode ataupun bahasa non verbal yang mengganggu pada saat kita memberi isyarat yang bersifat universal. Sesuaikan dengan wawasan yang kemungkinan besar dikuasai oleh kedua belah pihak.
Demikian sedikit sharing kembali mengenai buku ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dalam berkomunikasi efektif. Pembahasan Komunikasi Efektif secara lengak bias Anda dapatkan dibuku "Sukses Berkomunikasi dengan Manajemen Citra" oleh @widodomuktiyo.


Tidak ada komentar: