Senin, 23 Desember 2013

Kesan Buruk Pelayanan Publik



Tantangan berat harus dihadapi oleh instansi pemerintah atas kesan buruknya pelayanan mereka saat ini. Gambaran umum sekilas atas kesan tersebut memang tidak semuanya ditemukan  secara langsung. Maka dari itu, bebarapa kesan yang  berhasil ditemu kenali harus segera dibenahi dan dihilangkan secara bertahap dalam proses pelayanan public.

Beberapa complain atas layanan yang diberikan terkesan terlalu birokratis  Dalam beberapa proses pengambilan keputusan layanan terkadang juga sangat birokratis. Harus dilakulan secara sistematis dengan perpusat pada pimpinan tertinggi di kantor tertentu. Hal ini membuat kesan pelayanan yang tidak transparan, terlalu panjang dan dirasakan seringkali berbelit-belit.

Panjangnya proses pemberian layanan ini yang membuat layanan tidak efisien. Hal ini dapat dilihat pada beberapa jenis layanan yang harus melalui banyak meja/loket sehingga mengakibatkan panjangnya proses layanan. Bahkan tidak disetipa tersebut dapat memberikan pelayanan yang efektif. Hal ini mengingat bahwa di beberapa tempat layanan, persyaratan layanan yang harus dipenuhi juga belum tercantum secara jelas dan tegas. Masyarakat pengguna layanan seringkali dibinggungkan oleh syarat yang begitu beragam, yang bahkan terkadang dipandang kurang relevan dengan pemberian layanan yang akan diperoleh.

Tidak ada komentar: